Astrido

NEWS & EVENT

News Listing

Berapa Biaya Ganti Oli Toyota Yaris di Bengkel Resmi? Ini Penjelasannya


Sejak kemunculannya di pasar otomotif tanah air, Toyota Yaris masih menjadi salah satu pilihan mobil keluarga terbaik saat ini. Jika saat ini Anda sedang mencari teman perjalanan, Toyota Yaris bisa menjadi jawabannya. Namun, tentu saja Anda harus siap untuk melakukan perawatan dengan tepat, salah satunya adalah ganti oli. Lalu, berapa biaya ganti oli Toyota Yaris di Bengkel Resmi?

 

Biaya Ganti Oli dan Servis Rutin Toyota Yaris di Bengkel Resmi

Pada umumnya, ganti oli jarang sekali dilakukan secara satuan, namun biasanya disertakan dalam paket servis rutin. Oleh karena itu, untuk mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti oli, akan lebih baik jika Anda mengetahui biaya servis rutin saja. Servis ini harus dilakukan dalam selang waktu tertentu atau setiap 10.000 km.

 

Perlu diingat, usahakan untuk selalu melakukan servis rutin di bengkel resmi Toyota agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Mungkin biayanya bisa dikatakan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan melakukan di bengkel umum. Namun, di bengkel resmi ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

 

  1. Servis rutin pertama (1.000 km perjalanan)

Servis rutin pertama dilakukan setelah melakukan 1.000 km perjalanan atau sekitar 1 bulan. Jika Anda melakukan servis rutin, Anda bisa mendapatkan layanan pengecekan komponen mesin, kelistrikan, sistem rem, kopling, bodi, dan kondisi AC secara gratis. Jadi, manfaatkan betul-betul keuntungan ini untuk memastikan bahwa mobil Anda sedang dalam keadaan yang prima.

 

Selain itu, servis pertama juga berperan penting untuk mengetahui apabila ada indikasi kerusakan kecil yang berpotensi menjadi lebih besar di kemudian hari. Dengan begitu, kerusakan tersebut dapat langsung dibereskan dan bisa terhindar dari mahalnya biaya perbaikan.

 

Servis yang pertama juga menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk berlakunya garansi resmi dari Toyota. Hal ini karena salah satu syarat klaim garansi adalah rutin melakukan servis rutin di bengkel resmi. Jangan sampai hanya karena malas atau lupa melakukan servis rutin yang bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya ini, Anda kehilangan kesempatan untuk mengklaim garansi.

 

  1. Servis kedua (10.000 km perjalanan)

Setelah melakukan servis rutin yang pertama, Anda disarankan untuk kembali melakukannya setelah menempuh 10.000 km perjalanan. Untuk biaya jasa di bengkel resmi Toyota, Anda masih tidak dipungut biaya apapun. Akan tetapi, untuk perkiraan biaya untuk biaya spare part adalah sekitar Rp471.000,00. Beberapa layanan yang akan dilakukan adalah pengecekan komponen mesin, kelistrikan, bodi, rem, kopling, serta ganti oli dan saringan oli.

 

  1. Servis ketiga (20.000 km perjalanan)

Servis ketiga dilakukan ketika Anda sudah menempuh 20.000 km perjalanan. Pada servis ini, akan ada pengecekan pada komponen mesin, kelistrikan, rem, kopling, chasis, bodi, dan AC. Selain itu, ada juga layanan ganti oli mesin, saringan oli, serta busi. Untuk biaya penanganan masih gratis dengan perkiraan biaya part sekitar RpRp531.000,00.

 

  1. Servis keempat (30.000 km perjalanan)

Setelah 18 bulan atau sekitar 30.000 km perjalanan, Anda harus kembali melakukan servis rutin di bengkel Toyota. Sama seperti sebelumnya, akan ada pengecekan pada sistem kelistrikan, bodi, AC, kopling, rem, dan komponen mesin lainnya. Ganti oli dan saringan oli juga dilakukan. Semua itu diperkirakan menghabiskan biaya sekitar Rp471.000,00 dengan biaya penanganan gratis.

 

  1. Servis kelima (40.000 km perjalanan)

Pada periode ini, mobil Anda akan dicek pada bagian kelistrikan, rem, bodi, AC, kopling, dan komponen mesin seperti sebelumnya. Hanya saja, ada penggantian di beberapa komponen seperti busi, minyak rem, minyak kopling, oli mesin, oli gardan, saringan oli, oli transmisi, dan saringan udara. Oleh karena itu, biayanya akan menjadi lebih mahal, yakni sekitar Rp839.000,00.

 

  1. Servis keenam (50.000 km perjalanan)

Untuk periode servis keenam dilakukan setelah menempuh 50.000 km perjalanan atau sekitar 30 bulan. Tentang layanan dan juga biaya yang harus dikeluarkan, servis ini masih sama dengan servis rutin keempat, yakni pengecekan komponen mesin, rem, kopling, AC, bodi, kelistrikan, dan penggantian oli serta saringan oli.

 

  1. Servis rutin ketujuh (60.000 km lebih)

Setelah enam periode servis di atas, akan ada biaya penanganan jasa sekitar Rp1.039.000,00. Akan ada pengecekan komponen mesin, AC, bodi, kopling, rem, dan sistem kelistrikan serta penggantian oli dan saringan oli dan busi dengan estimasi biaya part sekitar Rp531.000,00.

 

Biaya Ganti Oli Toyota Yaris Secara Mandiri

Lalu, berapa biaya yang harus Anda keluarkan jika ingin mengganti oli secara mandiri? Untuk harga oli, setidaknya Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp300.000,00 hingga Rp600.000,00 tergantung dari kualitas oli tersebut. Namun, itu baru biaya pembelian oli saja. Anda masih harus mengganti sendiri oli tersebut. Kalaupun menggunakan bantuan bengkel terdekat, Anda harus menanggung biaya penanganan juga.

 

Lain halnya jika Anda mengganti oli di bengkel Toyota resmi. Tidak hanya ganti oli, mobil juga akan dilakukan pengecekan pada komponen-komponen penting untuk mendeteksi apakah ada kerusakan kecil yang berpotensi menjadi besar jika tidak segera ditangani. Biaya penanganannya pun gratis. Bisa dikatakan sebenarnya Anda mendapatkan lebih banyak keuntungan ketika melakukan di bengkel resmi Toyota.

 

Kenapa Harus Servis Rutin Mobil Toyota Yaris?

Sebagus apapun mobil Anda, pada akhirnya akan percuma jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Selain dengan menggunakan secara wajar, perawatan ini bisa berupa melakukan servis secara rutin. Lalu, apa keuntungan melakukan servis rutin untuk mobil Toyota Yaris ini?

 

  1. Menghindari biaya tak terduga

Jika diperhatikan, mungkin Anda akan sedikit keberatan karena harus mengeluarkan sejumlah uang secara rutin untuk melakukan servis rutin. Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui adalah biaya tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan biaya perbaikan apabila mobil Anda mengalami kerusakan yang cukup parah. Uang tersebut adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk memastikan kondisi mobil selalu dalam keadaan prima.

 

  1. Syarat klaim garansi

Bagi pemilik mobil, garansi adalah satu hal yang sangat penting karena kita semua tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Apabila ada hal buruk yang terjadi pada mobil dan masih memiliki garansi, maka Anda akan mendapatkan kompensasi tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun. Padahal, salah satu syarat untuk klaim garansi adalah melakukan selalu melakukan servis rutin di bengkel resmi Toyota.

 

  1. Menjaga performa mobil

Terakhir, tentu saja servis rutin berfungsi menjaga performa mobil tetap prima. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari berbagai risiko berbahaya apabila mobil mengalami kerusakan di beberapa komponen seperti rem atau mesin.

 

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa melakukan servis rutin, termasuk juga ganti oli, adalah hal yang sangat penting. Biaya yang harus dikeluarkan pun juga tidak seberapa dibandingkan dengan manfaatnya, apalagi jika Anda melakukan di bengkel resmi Toyota. Mengingat banyaknya kelebihan dari Toyota Yaris baik segi mesin, desain, maupun fitur, akan sangat disayangkan jika kondisinya tidak terawat dan sering mengalami masalah di jalan.

HELP MECHOOSE A CAR

Bandingkan rangkaian mobil SUV/4WD, Commercial dan Hatch untuk mendapatkan jenis mobil Toyota yang sesuai dengan kepribadian anda.
COMPARE MODELS >

ALREADY OWNA CAR

Dengan jaringan layanan servis yang mencapai lebih dari 16 lokasi dan siap menyediakan suku cadang asli, servis, dan aksesoris sehingga anda terbebas dari rasa khawatir setiap saat