Astrido

NEWS & EVENT

News Listing

Berapa Biaya Ganti Oli Toyota Rush di Bengkel Resmi?


Berapa biaya ganti oli Toyota Rush di Bengkel resmi? Mengganti oli secara berkala memang menjadi salah satu hal yang sangat penting dilakukan. Oli sendiri mempunyai peran buat membantu pergerakan antar komponen agar bisa lancar. Terlebih lagi antar komponen yang saling bergesekan. Apabila sudah waktunya diganti tetapi belum dilakukan maka dapat mengganggu kinerja dari mesin mobil.

Bukan hanya itu saja, oli dengan tekstur yang terlalu kental ternyata memiliki kandungan banyak kerak atau jumlah kadarnya kurang direkomendasikan sesuai dengan standarnya. Itulah mengapa jika digunakan secara terus-menerus maka akan mengakibatkan gerak setiap komponennya akan lebih terganggu.

Termasuk pada mobil Toyota Rush, dimana anda sebagai pemiliknya wajib melakukan pengecekan secara berkala. Sebagai contohnya, apabila jumlah oli kurang maka bisa ditambahkan sesuai dengan takarannya. Ataupun jika sudah waktunya buat diganti, maka anda tidak boleh menunda-nunda buat melakukan penggantian tersebut.

Untuk melakukan penggantian oli, sebenarnya dapat dilakukan sendiri ataupun melalui bengkel resmi. Melakukannya melalui bengkel resmi menjadi opsi terbaik terutama bagi anda yang belum pernah melakukannya sebelumnya ataupun tidak mempunyai waktu mengerjakannya sendiri. Lantas? berapakah biaya ganti oli Toyota Rush di bengkel resmi?

 

Estimasi Berapa Biaya Ganti Oli Toyota Rush di Bengkel Resmi

Sebelum memutuskan buat membawa mobil anda ke bengkel buat melakukan penggantian oli, sangat penting bagi anda untuk mengetahui estimasi biaya yang harus dikeluarkan tersebut. Itu sangat penting terutama mempersiapkan kondisi keuangan. Anda tentunya tidak ingin mengeluarkan dana yang melambung tinggi dari jumlah perkiraan bukan?

Sebenarnya untuk melakukan penggantian oli pada Toyota Rush mempunyai harga yang tidak begitu mahal. Tetapi apabila anda mengabaikan estimasi biaya tersebut dan tidak menyisihkan dana untuk perawatan tersebut, maka dijamin akan enggan melakukan penggantian

Untuk anda yang mempunyai mobil Rush, maka dapat melakukan penggantian oli tersebut mulai dari 10.000km dimana biaya tersebut meliputi penggantian oli mesin hingga saringan oli. Pada paket ini, biaya yang harus dikeluarkan biasanya mulai dari Rp422.000. Selain itu, harga ini mungkin sama saat melakukan penggantian di 30.000km.

Sedangkan ketika sudah mencapai 20.000 km atau 12 bulan, maka anda bisa mengeluarkan dana sekitar Rp530.000. Beberapa komponen yang diganti seperti busi, oli hingga filter. Sedangkan untuk komponen yang hanya akan dicek seperti komponen mesin, sistem Rem dan kopling, kelistrikan, ac hingga chasis dan bodi.

Di 40.000 km, estimasi biaya yang harus anda keluarkan ternyata lebih besar dibandingkan sebelumnya bahkan bisa mencapai 1 juta. Sebab bukan hanya penggantian oli saja, pihak bengkel resmi biasanya akan mengganti komponen lainnya seperti busi, minyak rem dan kopling, oli garden, oli transmisi, oli mesin, filter hingga filter udara.

Estimasi biaya diatas mungkin akan berbeda-beda di setiap bengkel. Itulah mengapa pentingnya buat berhati-hati ketika memilih bengkel. Pastikan apabila anda memilih bengkel resmi dimana mempunyai teknisi professional dan harga transparan.

 

Caritahu Ciri Mobil Toyota Rush Wajib Ganti Oli

Sudah tahukan berapa biaya ganti oli Toyota Rush di bengkel resmi? Salah satu kesalahan pemilik mobil dimana akan meningkatkan biaya penggantian oli adalah tidak mengetahui ciri pelumas mobil Rush harus ganti kapan? Padahal dengan mengetahui informasi tersebut, setidaknya dapat meminimalisir biaya pengeluaran.

Agar kondisinya tidak semakin parah, berikut ini beberapa ciri dimana dapat dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui kapankah oli harus diganti tersebut:

  1. Cek Bagaimanakah Kondisi Oli

Langkah pertama, yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan adalah mengecek dahulu bagaimanakah kondisi oli. Sebenarnya, buat melakukan pengecekannya tidak perlu dilakukan secara manual. Bahkan dengan kecanggihan teknologi, pemiliknya dapat melakukan pengecekan setiap saat.

Caranya sendiri terbilang sangat mudah yakni dengan mengecek warna yang terdapat pada dipstick oli. Apabila menarik dipstick oli dan terdapat warna seperti madu, maka bisa dikatakan jika kondisi pelumasnya masih dalam keadaan bagus. Berbeda jika warnanya keruh maka kondisinya sudah tidak bagus.

  1. Terdengar Bunyi Mesin Lebih Berisik

Ciri lainnya dimana bisa dijadikan bahan pertimbangan apakah akan melakukan penggantian oli atau tidak yakni adanya bunyi berisik pada mesin. Seperti yang sudah diketahui oli mempunyai fungsi buat melindungi setiap komponen dan mencegah besi-besi agar tidak saling bersentuhan.

Apabila terdengar suara berisik dari mesin, anda harus lebih paham sebab pelumas pada Toyota Rush harus melakukan penggantian. Bahkan di beberapa kasus, ternyata justru terdengar suara raungan.

  1. Lampu Indikator Tanda Ganti Oli Hidup

Bagian ini adalah ciri yang dapat dijadikan sebagai patokan secara umum. Adapun penggantian oli biasanya akan menghidupkan lampu indikator penggantian pelumas. Jika menyala itu berarti pelumas tidak melumasi semua bagian yang terdapat pada mesin mobil anda.

Jika sudah menyala, biasanya pemilik mobil akan langsung disarankan buat mengecek dipstick. Biasanya akan terlihat warna dari oli tersebut. Jika sudah mengeruh, itu pertanda penggantian wajib dilakukan segera.

  1. Aroma Oli Yang Tercium Tidak Seperti Biasanya

Pernah mencium aroma oli ketika sedang menggunakan mobil ataupun berada di dekat mobil? Nah, itu ternyata bisa menjadi pertanda apabila oli mobil mengalami kebocoran sebab sudah tidak layak buat digunakan.

Bukan hanya itu saja, apabila anda mencium adanya bau gas ataupun asap knalpot ketika berada didalam mobil, itu juga dapat menjadi pertanda kendaraan mengalami overheat dimana oli tidak bisa bekerja secara maksimal.

 

Akibat Oli Toyota Rush Tidak Ganti Oli Rutin

Perlu diketahui, jika anda tidak boleh menyepelekan penggantian oli mobil Rush. Sebab apabila sampai salah dalam menggantinya ternyata bisa mengakibatkan sejumlah dampak buruk didalamnya. Apa sajakah dampak buruk yang dapat terjadi jika telat melakukan penggantian oli? Langsung saja simak penjelasannya berikut:

  1. Adanya Penurunan Performa Mesin

Performa mesin merupakan komponen utama dimana akan terlihat menurun apabila oli tidak diganti secara rutin. Oli uang tidak diganti dengan segera akan menyebabkan warnanya semakin hitam dan kental. Itulah yang menjadi alasan mengapa fungsinya tidak bekerja secara optimal.

Adapun dampak yang mungkin akan terlihat jelas seperti tarikan terasa lebih berat dibandingkan sebelumnya hingga suara mesin akan terdengar kasar serta berisik.

  1. Lebih Boros Dalam Hal Bahan Bakar

Karena tarikan mesin akan lebih berat ternyata juga berakibat pada jumlah konsumsi bahan bakarnya. Dimana mobil anda mungkin akan menguras bahan bakar lebih banyak agar mobil bisa bekerja dengan semestinya. Tentu saja, hal tersebut akan berdampak pada pengeluaran bukan?

  1. Mesin Akan Lebih Cepat Panas

Dampak menakutkan lainnya dari telat melakukan penggantian oli mobil yakni mesin akan terasa lebih panas. Itu tidak lain disebabkan karena menurunnya jumlah sekaligus kualitasnya. Jika sudah seperti itu, maka akan sulit buat mendinginkan mesin.

 

Melakukan penggantian oli mesin memang menjadi hal sangat penting dilakukan agar performa pada mobil anda tetap terjaga. Untuk informasi berapa biaya ganti oli Toyota Rush di bengkel resmi lebih lanjut, toyotaastrido.co.id bisa jadi tempat terbaiknya.

HELP MECHOOSE A CAR

Bandingkan rangkaian mobil SUV/4WD, Commercial dan Hatch untuk mendapatkan jenis mobil Toyota yang sesuai dengan kepribadian anda.
COMPARE MODELS >

ALREADY OWNA CAR

Dengan jaringan layanan servis yang mencapai lebih dari 16 lokasi dan siap menyediakan suku cadang asli, servis, dan aksesoris sehingga anda terbebas dari rasa khawatir setiap saat