Astrido

NEWS & EVENT

News Listing

Tips Jitu Mengatasi Hydro planning Saat hujan


 

 

 

Sebagai pengendara, tentunya kita harus selalu berhati-hati terutama saat kondisi hujan. Saat hujan, jalanan menjadi lebih licin. Hal itu pun bisa membuat mobil kerap mengalami masalah. Salah satu masalah yang kerap muncul pada saat hujan ialah hydro planning.


Hydro planning atau aqua planning merupakan efek yang muncul dari kehilangan traksi yang disebabkan oleh roda dan jalanan yang seharusnya secara langsung bertemu namun terhalangi oleh genangan air. Hydro planning ini  bisa disebabkan oleh berbagai hal. Hal tersebut bisa diakibatkan pattern roda yang sudah menipis atau memang sudah memasuki kondisi yang buruk. Selain itu, masalah hydro planning ini bisa juga terjadi akibat genangan air yang terlalu dalam atau bisa juga karena kecepatan kendaraan terlalu tinggi.


Akibat yang muncul dari aqua planning ini ialah kehilangan kendali pada roda. Cara yang tepat untuk mengatasi adalah dengan menurunkan kecepatan hingga batas roda kembali menemukan traksi optimal. Dengan begitu, kendaraan akan kembali mudah dikendalikan.


Hydro planning ini dapat dihindari dengan mencegah skidding (selip). Caranya yakni dengan melaju secara perlahan dan juga lebih waspada terutama pada saat melewati tikungan. Saat melewati tikungan, putar kemudi lalu injak rem secara perlahan. Jika Anda hendak berhenti atau melambat, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan hard brandking (menjejak rem dengan kencang atau rem mendadak). Sebab jika hal itu dilakukan maka bisa membuat roda terkunci dan berisiko selip. Anda harus tetap mempertahankan untuk memberikan tekanan yang lembut pada pedal rem.



Bila Anda merasa mobil terangkat karena efek hydroplaning, hindari melakukan rem mendadak. Karena hal itu bisa menyebabkan mobil tergelincir bahkan terlempar. Cara untuk mengatasinya, angkat kaki dari pedal gas sampai laju mobil melambat dan Anda dapat merasakan mobil telah menapak pada permukaan jalan. Bila harus menginjak rem atau berhenti, lakukanlah secara perlahan dengan sedikit pumping rem. Bagi mobil yang telah dilengkapi dengan ABS, Anda cukup menginjak rem dengan normal. Dengan demikian, system akan bekerja ‘mengkocok’ lebih efektif dari kaki manusia.



Untuk kendaraan yang telah dilengkapi dengan fitur DSC (Vehicle Stability), Anda bisa secara otomatis mengatasinya dengan menurunkan putaran pada roda yang dirasa kehilangan traksi.

HELP MECHOOSE A CAR

Bandingkan rangkaian mobil SUV/4WD, Commercial dan Hatch untuk mendapatkan jenis mobil Toyota yang sesuai dengan kepribadian anda.
COMPARE MODELS >

ALREADY OWNA CAR

Dengan jaringan layanan servis yang mencapai lebih dari 16 lokasi dan siap menyediakan suku cadang asli, servis, dan aksesoris sehingga anda terbebas dari rasa khawatir setiap saat