Astrido

NEWS & EVENT

News Listing

Inilah Dampak Lipat Spion Otomatis Dengan Tangan


 

 

Umumnya, mobil-mobil tipe tertinggi sudah disematkan dengan fitur pelipat spion otomatis. Bahkan ada beberapa tipe yang sudah dilengkapi pelipat spion yang sudah terhubung dengan kunci remote. Jadi pada saat pintu dikunci, maka spion pun akan terlipat secara otomatis.

 

Hal ini memang sangat praktis dan memang akan membantu Anda, terlebih lagi pada saat keadaan yang tergesa-gesa. Anda tidak perlu takut spion Anda rusak akibat tidak melipatnya.

 

Sayangnya, tidak semua pemilik mobil dengan tipe tersebut mengetahui bagaimana cara mengoperasikan teknologi ini. Alhasil, mereka lebih memilih melipat dan melipat spion dengan cara yang manual yakni menggunakan tangan. Sebetulnya cara ini akan memberikan dampak buruk, baik untuk mobil atau pun untuk dompet Anda sendiri.



Seorang pemilik toko M2M di kawasan Mega Glodok Kemayoran, Fajar mengatakan bahwa, membuka atau melipat spion otomatis dengan menggunakan cara yang manual sangat tidak disarankan.



“Tidak bisa dilipat sembarangan. Sebab spion otomtis harus menggunakan ombol yang sudah disediakan. Jika menggunakan cara yang manual yakni menggunakan tangan, hal itu akan merusak motor penggerak,” kata Fajar.



Fajar pun berpendapat, kebanyakan orang yang memiliki mobil melipat spion otomatis dengan menggunakan tangan, pada saat baru saja memarkirkan mobilnya.



Hal itu sudah menjadi kebiasaan karena mereka lupa bahwa ada tombol khusus dan mereka merasa malas untuk membuka pintu, kemudian menyalakan mesin dan menekan tombol tersebut. Jika, mereka lupa tidak menekan tombol, hal yang harus dilakukan seperti demikian itu akan dianggap sebagai buang-buang waktu saja.



“Padahal caranya sangat mudah. Biasanya, tombol spion otomatis terletak di sebelah kanan di pilar pintu,” tambahnya.

Bila fitur pelipat spion otomatis ini tidak digunakan dan terus saja menggunakan cara manual menggunakan tangan, lama-kelamaan motor penggeraknya akan rusak. Nah bila motor penggeraknya rusak, mau tidak mau satu-satunya cara yang bisa dilakukan ialah mengganti dengan yang baru.



“Jika di servis, rata-ratanya tidak  bisa. Sebab gigi penggeraknya sudah rontok. Biaya untuk mengganti motornya saja Rp300-500 ribu," pungkasnya.

 

HELP MECHOOSE A CAR

Bandingkan rangkaian mobil SUV/4WD, Commercial dan Hatch untuk mendapatkan jenis mobil Toyota yang sesuai dengan kepribadian anda.
COMPARE MODELS >

ALREADY OWNA CAR

Dengan jaringan layanan servis yang mencapai lebih dari 16 lokasi dan siap menyediakan suku cadang asli, servis, dan aksesoris sehingga anda terbebas dari rasa khawatir setiap saat